You can do anything, but not everything

Sibuk, sesuatu yang terlihat keren namun mematikan. Sibuk karena harus melakukan semuanya sendiri, mengambil keputusan sendiri, mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Sibuk karena tidak ada waktu untuk belajar memberdayakan orang lain dan mempercayai mereka untuk melakukan pekerjaan kita. Sibuk karena semua tentang “saya” dan “hanya saya yg bisa melakukan”.

Sibuk dapat menjadikan kesehatan menurun karena kurangnya istirahat, pikiran selalu penuh dan tidak ada waktu untuk refresh. Saya tahu betul bagaimana rasanya terjebak dalam situasi ini, dimana semua tentang saya. Dari mulai mengatur jadwal ketemu klien, mengetik proposal, membuat penawaran, sampai membeli keperluan kantor.. semua saya lakukan sendiri, dan hasilnya..?? saya semakin stress, nggak happy dan tanpa sadar menjadi semakin tidak produktif serta minim inovasi.

Pada akhirnya semua pekerjaan adalah tentang kehadiran saya. Kalau nggak ada saya maka semua akan berantakan, nggak ada pergerakan, nggak ada pertumbuhan. Saya yang harus memutuskan semuanya, dan lama kelamaan saya menyadari kalau saya sedang menggali kuburan saya sendiri.

You can do anything, but not everything, satu kalimat keren yang saya dengar dari Rene Suhardono, seorang career coach dan public speaker. Delegasikan pekerjaan, segera latih orang2 yang memiliki potensi, beri mereka kepercayaan, dan akhirnya, beri mereka kewenangan untuk mengambil keputusan.

Founder, pemilik bisnis, pemimpin organisasi /perusahaan, atau orang2 yang memimpin divisi bukanlah orang yang bisa melakukan segalanya, namun mereka harus memastikan setiap orang dalam organisasi tersebut memahami pekerjaan, dan dapat menjalankannya dengan baik. Memastikan bahwa setiap detail pekerjaan telah dilaksanakan, dan setiap keputusan yang diambil sejalan dengan visi dan misi organisasi/perusahaan.

Bayangkan sebuah perusahaan yang dihuni oleh orang2 yang paham tentang risalah pekerjaan, tujuan perusahaan dan visi misi perusahaan, dan mereka dengan sadar melakukan pekerjaan itu dengan passion yg sama, semangat yang sama dan tujuan yang sama, tanpa harus menunggu instruksi. Semua akan terasa nyaman, happy dan sangat produktif. Sehingga inovasi, ide2 keren dapat mulai muncul kembali.

Mulai hari ini, pilih orang2 terbaik, latih mereka, beri kepercayaan dan anda hanya tinggal memastikan semua berjalan dengan baik.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − two =